Selasa, 06 Desember 2016

Definisi implementasi


Implementasi adalah suatu tindakan atau pelaksanaan dari sebuah rencana yang sudah disusun secara matang dan terperinci. Berikut ini adalah pengertian implementasi menurut para ahli :
a.     Pendapat Cleaves yang dikutip (dalam Wahab 2008;187) yang secara tegas menyebutkan bahwa implementasi itu mencakup “proses bergerak menuju tujuan kebijakan dengan cara langkah administratif dan politik”. Keberhasilan atau kegagalan implementasi sebagai demikian dapat dievaluasi dari sudut kemampuannya secara nyata dalam meneruskan atau mengoperasionalkan program-program yang telah dirancang sebelumya.
b.     Menurut Mazmanian dan Sebastiar (dalam Wahab, 2008: 68), implementasi adalah pelaksanaan keputusan kebijakan dasar, biasanya dalam bentuk undang-undang, namun dapat pula berbentuk perintah-perintah atau keputusan-keputusan eksekutif yang penting atau keputusan badan peradilan.
c.      Menurut Van Meter dan Van Horn (dalam Wahab, 2008: 65), implementasi adalah tindakan-tindakan yang dilakukan baik oleh individu–individu / pejabat - pejabat atau kelompok-kelompok pemerintah atau swasta yang diarahkan pada tercapainya tujuan-tujuan yang telah digariskan dalam keputusan kebijakan.
d.     Secara sederhana, implementasi bisa diartikan pelaksanaan atau penerapan. Browne dan Wildavsky (dalam Nurdin dan Usman, 2003:7) mengemukakan bahwa implementasi adalah perluasan aktivitas yang saling menyesuaikan.


0 komentar:

Posting Komentar