Jumat, 02 Desember 2016

Problema Filsafat Ilmu Menurut B. Van Fraassen dan H. Margenau


Menurut kedua ahli ini problem utama dalam filsafat ilmu setelah tahun-tahun enam puluh adalah:
a.   Metodologi
Hal-hal yang banyak diperbincangkan ialah mengenai sifat dasar dari penjelasan ilmiah, logika penemuan, teori probabilitas, dan teori pengukuran.
b.   Landasan ilmu-ilmu
Ilmu-ilmu empiris hendaknya melakukan penelitian mengenai landasannya danh mencapai sukses seperti halnya landasan matematika.
c.   Ontologi
Persoalan utama yang diperbincangkan ialah menyangkut konsep substansi, proses, waktu, ruang, kualitas hubungan budi dan materi, serta status dari entitas teoretis (The Liang Gie, hlm. 78-79)
Persoalan utama yang diperbincangkan ialah menyangkut konsep-konsep substansi, proses, waktu, ruang, kausalitas, berhubungan budi dan materi, serta status dari etitas-etitas teoritis.
Menurut filsuf ini tiga hal mendasar yang menjadi problem utama dalam filsafat  ilmu adalah metodologi, landasan ilmu, dan ontologi. Metodologi sendiri akan menjelaskan tentang berbagai teori yang difungsikan untuk memberi arahan pada proses penelitian. Untuk landasan ilmu sendiri lebih mendasarkan pada pentingnya pengujian landasan  ilmu yang akan dipakai sebagai acuan dalam berbagai penelitian. Untuk bagian ontology, beliau mementingkan membahas  mengenai konsep, substansi, proses, waktu, ruang, kausalitas, budi dan materi, serta status dari etitas teoritis.    




0 komentar:

Posting Komentar