Jumat, 02 Desember 2016

Komponen Dalam Definisi Ilmu Pengetahuan


1.    Masalah (problem)
    Ada tiga karakteristik yang harus dipenuhi untuk menunjukkan bahwa suatu masalah bersifat scientific, yaitu communicability, the scientific attitude, dan the the scientific method.
2.   Sikap (attitude)
    Ada empat karakteristik yang harus dipenuhi yaitu, curiosity, speculativeness, willingness to be objective, willingness to suspend judgement.
3.   Metode (Method)
    Sifat scientific method berkenaan dengan hipotesis yang kemudian diuji. Esensi science terletak pada metodenya. Science sebagai teori, merupakan sesuatu yang selalu berubah.
4.   Aktivitas (Activity)
    Science adalah sesuatu lahan yang dikerjakan oleh para scientist, melalui apa yang disebut scientific research, terdiri atas dua aspek, yaitu individual dan sosial.
5.   Kesimpulan (Conclusions)
    Science  lebih sering dipahami sebagai a body of knowledge. Body dari ide-ide ini merupakan science itu sendiri. Kesimpulan yang merupakan pemaham yang dicapai sebagai hasil pemecahan masalah adalah tujuan dari science, yang diakhiri dengan pembenaran dari sikap, metode, dan aktivitas.
6.   Beberapa Pengaruh (Effects)
    Sebagian dari apa yang dihasilkan melalui science pada gilirannya member berbagai pengaruh. Pertimbangannya dibatasi oleh dua penekanan, yaitu pertama, pengaruh ilmu terhadap ekologi, melalui apa yang disebut dengan applied science, dan kedua, pengaruh ilmu terhadap atau dalam masyarakat serta membudayakannya menjadi berbagai macam nilai.

0 komentar:

Posting Komentar