Jumat, 09 Desember 2016

Fungsi Kurikulum


Kurikulum sebagai alat dalam pendidikan mempunyai beragam jenis fungsi dalam pendidikan yang sangat berperan dalam kegunaannya. Fungsi kurikulum yaitu sebagai berikut :
a.       Fungsi Penyesuaian (the adjustive or adaptive function)
Kurikulum berperan sebagai penyesuaian yaitu kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan yang terjadi dilingkungannya karena lingkungan bersifat dinamis yang artinya bisa berubah-ubah.
b.      Fungsi Integrasi (the integrating function)
Kurikulum berperan sebagai penyesuaian mengandung arti kalau kurikulum adalah alat pendidikan yang dapat menghasilkan pribadi-pribadi yang cakap yang bisa dibutuhkan dan berintegrasi di masyarakat.
c.       Fungsi Diferensiasi (the diferentiating function)
Kurikulum berperan sebagai diferensiansi yaitu sebagai alat yang memberi pelayanan dari beragam perbedaan di setiap siswa yang perlu dihargai dan dilayani.
d.      Fungsi Persiapan (the propaeduetic function)
Kurikulum berperan sebagai persiapan yang mengandung arti kalau kurikulum sebagai alat pendidikan mampu mempersiapkan siswa kejenjang selanjutnya serta juga mampu mempersiapkan diri untuk hidup dalam masyarakat, bila tidak melanjutkan pendidikan.
e.       Fungsi Pemilihan (the selective function)
Kurikulum berperan sebagai pemilihan yaitu memberi kesempatan untuk siswa untuk menentukan pilihan program belajar yang sesuai dengan minat serta bakatnya.
f.       Fungsi Diagnostik (the diagnostic function)
Kurikulum sebagai diagnostik mengandung arti kalau kurikulum merupakan alat pendidikan yang dapat mengarahkan serta memahami potensi siswa dan kekurangan dalam dirinya. Bila sudah memahami potensi lalu mengetahui kekurangannya, maka diharapkan siswa dapat mengembangkan potensi dan memperbaiki kekurangannya.

0 komentar:

Posting Komentar