Jumat, 09 Desember 2016

Definisi Kurikulum


Kurikulum adalah program rancangan belajar mengajar yang dipedomani oleh pendidik dan peserta didik. Kurikulum berasal dari bahasa inggris yakni Curriculum yang berarti rencana pelajaran, dimana Curriculum berasal dari bahasa latin Currere yang mempunyai banyak arti seperti berlari cepat, maju dengan cepat, menjalani dan berusaha. Arti “Kurikulum” mempunyai beragam tafsiran yang dirumuskan oleh beberapa pakar ahli dalam bidang pengembangan kurikulum sejak dahulu hingga saat ini. Tafsiran-tafsiran mengenai pengertian ataupun definisi kurikulum itu berbeda-beda satu dengan yang lain, sesuai dengan titik berat inti dan menurut pandangan dari ahli yang berkaitan.
Kurikulum dalam pendidikan diartikan sebagai sejumlah mata pelajaran yang harus ditempuh atau diselesaikan anak yang akan diajar untuk memperoleh ijazah. Kurikulum sebagai program pendidikan harus meliputi : (1) Sejumlah mata pelajaran atau perkumpulan mengenai pengetahuan ; (2) pengalaman belajar atau aktivitas belajar ; (3) program belajar untuk siswa ; (4) hasil belajar sesuai yang diharapkan.
Dari rumusan tersebut, kurikulum diartikan sebagai program dan pengalaman belajar serta hasil pembelajaran yang diharapkan, yang diformulasikan lewat pengetahuan dan aktivitas yang tersusun secara sistematis, diberikan pada siswa di bawah tanggung jawab sekolah untuk membantu perkembangan dan perubahan pribadi serta kompetensi sosial siswa.


0 komentar:

Posting Komentar