Selasa, 06 Desember 2016

Klasifikasi Ilmu Pengetahuan Menurut Cristian Wolff



        Wolff mengklasifikasi ilmu oengetahuan ke dalam tiga kelompok besar yakni ilmu pengetahuan empiris, matematika, dan filsafat. Wolff menjelaskan pokok-pokok pikirannya mengenai klasifikasi ilmu pengetahuan itu sebagai berikut.
a.   Dengan mempelajari kodrat pemikiran rasional, dapat ditemukan sifat yang benar dari alam semesta. Semua yang ada di dunia ini terletak di luar pemikiran kita yang direfleksikan dalam proses berpikir rasional.
b.   Pengetahuan kemanusiaan terdiri atas ilmu-ilmu murni dan filsafat praktis. Ilmu-ilmu murni adalah teologi rasional yang terkait dengan masalah jiwa, dan kosmologi rasional yang terkait dengan kodrat dunia fisik.
c.   Ilmu-ilmu murni dan filsafat praktis sekaligus merupakan produk metode berpikir deduktif. Ilmu-ilmu teoritis dijabarkan dari hukum tidak bertentangan yang menyatakan bahwa sesuatu itu tidak dapat ada dan tidak ada dalam waktu yang bersamaan.
d.   Seluruh kebenaran pengetahuan diturunkan dari hukum-hukum berpikir. Apa yang diakatakannya tentang moral dan religi adalah suatu kodrat yang abstrak dan formal secara niscaya. Etika dalam pandangannya tidak lebih dari seperangkat aturan yang kaku dan harus diikuti, sesuatu yang tidak terjawab yang hanya hadir dalam kasus-kasus tertentu saja.
e.   Jiwa manusia dalam pandangan Wolff dibagi menjadi tiga, yaitu mengetahui, menghendaki dan merasakan. Ketiga aspek jiwa manusia ini akan mempengaruhi pandangan Immanuel Kant tentang tiga kritiknya yang terkenal, yaitu kritik atas rasio murni, kritik atas rasio praktis, dan kritik atas daya pertimbangan.

0 komentar:

Posting Komentar